Skip to main content

BISNIS RUMAH KOST



Rumah kost sangat diminati di kawasan yang berdekatan dengan kawasan perbelanjaan, pusat perkantoran, dan terutama kawasan kampus.
Keuntungan investasi rumah kost dapat diperoleh dalam jangka panjang atau lebih dari lima tahun. Usaha kost-kostan memang sangat menggiurkan karena potensi keuntungannya yang sangat tinggi. Namun sebelum memutuskan untuk terjun dalam bisnis ini ada baiknya Anda melakukan persiapan yang matang agar nantinya usaha ini tidak mengalami kerugian. Usaha kost-kostan juga memiliki kekurangan. Pertama, pemilik rumah harus menyiapkan manajemen yang bertugas membuat peraturan sampai melayani kebutuhan para penyewa. Karena membutuhkan perhatian lebih, maka pemilik kos kadang harus menyewa orang khusus untuk melayani dan mengawasi para penyewa.
Risiko kedua, tak semua penyewa bisa berlaku disiplin membayarkan uang kos. Umumnya ini terjadi, karena penyewa belum memiliki penghasilan sendiri misalnya mahasiswa. 

Langkah-langkah yang harus dilakukan saat memulai usaha kost-kostan

1. MODAL
Sudah menjadi rahasia umum bahwa modal yang diperlukan untuk memulai usaha kost kostan sangat besar, mulai dari ratusan juta hingga miliaran rupiah. Sebagian besar anggaran untuk memulai bisnis kos kosan masuk ke persiapan lahan dan bangunan rumah kost serta fasilitas-fasilitas penunjang seperti AC, furnitur dan lain sebagainya. Tidak hanya sampai di sini, setelah rumah kost siap huni pemilik  juga harus menyiapkan anggaran untuk operasional kost seperti listrik, air dan gaji asisten rumah tangga.
Sumber modal untuk memulai usaha kos kosan bisa berasal dari dana pribadi maupun meminjam dari bank. Jika memutuskan untuk meminjam dana dari bank,  dapat mengajukan KPR kepada pihak bank. Ada baiknya Anda mengajak keluarga maupun teman anda yang ingin bergabung menjalankan usaha kos kosan dan membuat kesepakatan mulai dari modal hingga bagi hasil dalam bentuk perjanjian tertulis agar mengurangi potensi terjadinya konflik.

2. PILIH LOKASI YANG STRATEGIS
Sebagian orang berpendapat bahwa target bisnis kost adalah anak kuliahan, sehingga apabila ingin memulai bisnis kos kosan maka harus berinvestasi di sekitar kampus. Persepsi inilah yang menyebabkan harga lahan atau rumah di sekitar kampus naik dengan pesat dan terkadang harganya sudah terlalu tinggi.

Anda juga dapat menarget target yang lain,seperti karyawan kantor. Sehingga  Anda dapat mempertimbangkan untuk membangun kost di area perkantoran, mall, atau tempat wisata. Hal yang terpenting adalah lokasi kost harus strategis, dekat dengan kampus atau tempat-tempat yang dituju oleh pangsa pasar kost yang sudah Anda tetapkan. 

3. SEDIAKAN FASILITAS DAN TEMPAT YANG BERSIH, AMAN DAN NYAMAN
Fasilitas standard yang umumnya ditawarkan adalah tersedianya furnitur seperti tempat tidur, lemari pakaian, meja dan kursi. Fasilitas tambahan lain seperti AC, kamar mandi dalam, televisi dan Wi-Fi dapat disesuaikan.
Misalnya memiliki fasilitas pencahayaan dan sirkulasi udara yang memadai untuk tiap kamar. Anda perlu juga melakukan seleksi terhadap anak kos tersebut dan membuat aturan untuk tetap menjadi keamanan dan kenyamanan.
Anda juga bisa menawarkan layanan yang dapat mempermudah penyewa seperti laundry.

4. TERMIN DAN HARGA SEWA KOST
Pada umumnya termin untuk kost dengan pangsa pasar mahasiswa dan karyawan adalah dengan sistem bulanan, namun Anda juga dapat menawarkan jangka waktu yang lebih lama misalnya per tiga bulan, enam bulan atau tahunan dengan potongan harga tertentu.
Setelah menentukan sistem sewa kost, hal selanjutnya yang harus Anda tetapkan adalah besar harga sewa kost. Harga sewa kost yang tepat sangat penting untuk menjamin kelangsungan usaha kost Anda. Harga sewa kost yang terlalu tinggi akan mengakibatkan kost sepi peminat, namun harga sewa kost yang terlalu rendah akan menimbulkan kerugian bagi Anda. Informasi lebih lengkap mengenai cara menentukan harga sewa kost dapat Anda temukan di artikel Tips Menentukan Harga Sewa Kost yang Tepat.

5. PENGELOLAAN DAN PROMOSI KOST
Pertimbangan selanjutnya adalah siapa yang akan mengelola kost dan bagaimana cara memasarkan kost. Pengelolaan kost sebenarnya cukup mudah sehingga dapat dilakukan sendiri. Namun apabila Anda terlalu sibuk dengan pekerjaan atau jumlah kamar kost terlalu banyak, ada baiknya untuk mendelegasikan pengelolaan kost kepada orang lain seperti asisten rumah tangga untuk membersihkan kost dan melayani penghuni kost serta petugas keamanan yang bertugas untuk menjaga keamanan kost.
Melakukan promosi kost sangat penting agar banyak orang yang menyewa kost yang Anda tawarkan, sehingga usaha kos kosan Anda mampu menghasilkan keuntungan. Hanya memasang papan terima kost saja tidak cukup. Anda harus secara aktif mempromosikan kost Anda  Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mempromosikan kost, salah satunya adalah dengan memasang iklan kost di internet. Sekarang sudah ada banyak aplikasi maupun website yang membantu calon penyewa untuk mencari kost yang sesuai dengan budget mereka, salah satunya adalah mamikos. 

Dan juga jangan lupa proses satu ini yang sangat penting, yaitu

PERIZINAN DAN PAJAK
Hal terakhir yang tak kalah penting adalah mengenai perizinan. Usaha kos kosan pada umumnya diatur dalam Peraturan Daerah, sehingga perizinan dan pajak yang berlaku di tiap daerah berbeda-beda. Di daerah tertentu terdapat batasan jumlah kamar untuk usaha kos kosan, sehingga apabila jumlah kamar yang terdapat pada kost lebih dari sekian buah, maka bangunan tersebut tergolong kategori hotel dan pajak yang dikenakan juga lebih tinggi. Sebelum mulai berbisnis kost ada baiknya Anda berkonsultasi dengan teman atau keluarga yang telah menjalankan usaha ini dan kepada pengurus RT/RW setempat.

Comments