Skip to main content

KASUS MASALAH PENGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM



Sumber daya alam (biasa disingkat SDA) adalah segala sesuatu yang berasal dari alam yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Yang tergolong di dalamnya tidak hanya komponen biotik, seperti hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme, tetapi juga komponen abiotik, seperti minyak bumi, gas alam, berbagai jenis logam, air, dan tanah. Inovasi teknologi, kemajuan peradaban dan populasi manusia, serta revolusi industri telah membawa manusia pada era eksploitasi sumber daya alam sehingga persediaannya terus berkurang secara signifikan, terutama pada satu abad belakangan ini. Sumber daya alam mutlak diperlukan untuk menunjang kebutuhan manusia, tetapi sayangnya keberadaannya tidak tersebar merata dan beberapa negara seperti Indonesia, Brasil, Kongo, Maroko, dan berbagai negara di Timur Tengah memiliki kekayaan alam hayati atau nonhayati yang sangat berlimpah.  Sebagai contoh, negara di kawasan Timur Tengah memiliki persediaan gas alam sebesar sepertiga dari yang ada di dunia dan Maroko sendiri memiliki persediaan senyawa fosfat sebesar setengah dari yang ada di bumi. Akan tetapi, kekayaan sumber daya alam ini seringkali tidak sejalan dengan perkembangan ekonomi di negara-negara tersebut.
Wilayah Indonesia yang sangat luas dan secara geografis amat strategis dengan keanekaragaman hayati yang luar biasa. Apabila tidak diolah dengan baik, kekayaan alam tersebut akan menjadi sebuah ironi karena negara ini terkesan kurang serius dan sekaligus bimbang dalam mengelolanya. Mengingat sejak dulu Indonesia diakui sebagai negara agraris, hasil pangan yang terbilang melimpah, tanah yang subur dan sumber daya manusia yang mumpuni, tetapi hingga kini terus membuka keran impor pangan. Tidak hanya itu, izin konsesi tambang juga masih menjadi persoalan yang membelit dan sejak lama menjadi ladang korupsi. Apalagi pengelolaan tambang masih didominasi korporasi asing. Sekitar 90 persen aset bangsa justru dikelola hanya oleh 3 persen warga sendiri.
Indonesia juga dianugerahi aneka barang tambang yang secara matematis seharusnya menjadikan warganya lebih makmur.
Pertambangan ilegal, lebih tepatnya pada umumnya dilakukan oleh masyarakat dengan peralatan yang sederhana dan tidak berizin resmi. Banyak pertambangan ilegal yang tersebar di seluruh Indonesia seperti pertambangan emas, pertambangan pasir dan masih banyak lagi;
Persoalan tambang emas ilegal bukan melulu perkara keselamatan para pekerjanya. Ancaman yang paling nyata dari tambang emas ilegal adalah kerusakan lingkungan. Contoh petaka yang belum lama ini menjadi sorotan adalah kerusakan lingkungan di kawasan Gunung Botak di Kepulauan Buru, Maluku. Perburuan emas di kawasan itu bukan saja merusak alam, melainkan juga telah mencemari lingkungan yang membahayakan kesehatan warga di kawasan tersebut.
Masih maraknya tambang emas ilegal di sejumlah kawasan di negeri ini yang disertai dengan kecelakaan mematikan itu menandakan bahwa upaya-upaya selama ini untuk menghentikan pertambangan ilegal tidaklah cukup. Pembiaran terhadap operasi tambang emas ilegal adalah sikap yang tak bisa diterima. Pelarangan dan penindakan secara hukum terhadap usaha-usaha ilegal itu adalah upaya yang tak bisa dibiarkan berjalan sendirian. Hal itu harus disertai dengan langkah-langkah lain dalam aspek-aspek lain.
Kebijakan hukum pemerintah yang ada saat ini pun belum mampu untuk menanggulangi situasi ini, sehingga diperlukan suatu wacana yang kongkret dan komprehensif agar potensi kekayaan alam bisa dinikmati oleh seluruh penduduk Indonesia nantinya. Itu diperlukan segera, sebelum korban nyawa jatuh lagi dan kerusakan lingkungan semakin sulit untuk dipulihkan.







Referensi

Comments

  1. APAKAH ANDA MEMBUTUHKAN PINJAMAN YANG LUAR BIASA HARI INI?

    Apakah Anda seorang pengusaha atau wanita? Apakah Anda mengalami kesulitan keuangan? Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk memulai usaha kecil dan menengah yang bagus? Apakah Anda memiliki skor kredit yang rendah dan Anda merasa kesulitan untuk mendapatkan pinjaman modal dari bank lokal dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda memerlukan uang untuk berinvestasi di bidang spesialisasi tertentu? Apakah Anda memiliki proyek yang belum selesai di ujung jari Anda karena dana yang tidak mencukupi? Ini adalah kesempatan untuk mendapatkan pinjaman Anda hari ini untuk menyelesaikan semua masalah keuangan Anda.

    Kami telah memberikan pinjaman bisnis kepada lebih dari 15.000 pemilik bisnis seperti Anda. Kami menggunakan teknologi risiko kami sendiri yang ditunjuk untuk memberi Anda pinjaman bisnis yang tepat sehingga Anda dapat mengembangkan bisnis Anda. Layanan kami cepat dan dapat diandalkan, pinjaman disetujui dalam waktu kurang dari 48 jam setelah aplikasi berhasil.

    Kredit kami dijamin 100% untuk keamanan maksimum adalah prioritas kami, tujuan utama kami adalah untuk membantu Anda mendapatkan layanan keuangan asli yang layak Anda dapatkan, program kami adalah cara tercepat untuk mendapatkan pinjaman yang Anda butuhkan. suku bunga murah untuk mengurangi tekanan pada pengeluaran bulanan. Dapatkan fleksibilitas untuk digunakan untuk tujuan apa pun - mulai dari liburan, pendidikan, hingga pembelian unik. hubungi saya untuk informasi lebih lanjut:
    [helenwilson719@gmail.com]
    WhatsApp: + 1-585-326-2165

    Kami menawarkan berbagai layanan keuangan yang meliputi: Pinjaman Pribadi, Pinjaman Konsolidasi Utang, Pinjaman Bisnis, Pinjaman Pendidikan, Pinjaman yang Dijamin Pinjaman, Pinjaman Hipotek, Pinjaman Bayaran, Pinjaman Siswa, Pinjaman Komersial, Pinjaman Kredit Otomatis, Pinjaman Investasi, Pinjaman untuk Pembangunan, Pinjaman Pembelian, Pinjaman Konstruksi, dengan Suku Bunga Rendah 2% kami memberikan pinjaman kepada Perorangan, Perusahaan dan Agen. Dapatkan yang terbaik untuk keluarga dan rumah impian Anda dan skema pinjaman umum kami.


    Jika Anda tertarik untuk mendapatkan pinjaman, silakan hubungi kami dengan permintaan pinjaman Anda.
    Silakan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut:
    [helenwilson719@gmail.com]
    WhatsApp: + 1-585-326-2165

    Salam,
    Nyonya HELEN WILSON
    [helenwilson719@gmail.com]

    ReplyDelete
  2. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    ReplyDelete

Post a Comment