Skip to main content

Tugas Ekonomi Koperasi 2


Koperasi berdasarkan bentuknya

1. Koperasi Primer
Koperasi primer ialah koperasi yang minimal mmemiliki anggota sebanyak 20 orang perseorangan.
2. Koperasi Sekunder
Adalah koperasi yang terdiri dari gabungan badan-badan koperasi serta mmemiliki cakupan daerah kerja yang luas dibandingkan dengan koperasi primer.



Koperasi berdasarkan jenisnya
1. Koperasi konsumsi adalah sebuah koperasi yang bertujuan menyediakan barang-barang kebutuhan untuk para anggotanya. Barang-barang tersebut disesuaikan dengan jenis anggota dalam koperasi tersebut.
2. Koperasi jasa adalah koperasi yang melakukan kegiatan pelayanan jasa yang dibutuhkan oleh anggota. Contohnya seperti jasa simpan pinjam, asuransi, angkutan, dan lain-lain. Pemilik seluruh aset usaha koperasi dan pengguna layanan jasa adalah anggota koperasi itu sendiri.
3. Koperasi produksi memiliki fungsi untu menyediakan bahan baku, penyediaan peralatan produksi, dan membantu memproduksi jenis barang tertentu. Selain itu koperasi juga ikut membantu menjual dan memasarkan hasil produksi para anggota koperasi.
4. Koperasi simpan pinjam (KSP) biasanya juga dikenal sebagai koperasi kredit. Seperti yang kita tahu, sesuai dengan namanya, koperasi ini menyediakan pinjaman uang. Tidak hanya itu, koperasi jenis ini juga menjadi tempat untuk menyimpan uang. Uang pinjaman diperoleh dari dana yang dikumpulkan secara bersama-sama oleh para anggotanya.

Contoh
Koperasi Sejahtera Bersama merupakan sebuah koperasi yang bergerak di bidang simpan pinjam yang memiliki 70 Kantor Pelayanan di berbagai kota di pulau Jawa dan sudah memiliki sekitar 80.000 anggota yang bergabung. Kantor Pusat KSP Sejahtera Bersama berlokasi di Bogor, Jawa Barat. Syarat utama untuk mendapatkan produk simpanan dan pinjaman KSP Sejahtera Bersama adalah dengan menjadi anggota KSP Sejahtera Bersama terlebih dulu. Koperasi Sejahtera Bersama masuk ke dalam 10 besar koperasi simpan pinjam yang ada di Indonesia.
Koperasi Sejahtera Bersama sebagai salah satu lembaga perantara keuangan sebagaimana tertuang di dalam peraturan pemerintah nomor 9 tahun 1995 tentang pelaksanaan kegiatan usaha simpan pinjam oleh koperasi bahwa Kegiatan Usaha Koperasi Simpan Pinjam adalah menghimpun simpanan koperasi berjangka dan tabungan koperasi dari anggota dan calon anggotanya, koperasi lain dan atau anggotanya serta memberikan pinjaman kepada anggota, calon anggotanya, koperasi lain dan atau anggotanya.
Koperasi Sejahtera Bersama termasuk koperasi Primer, yaitu koperasi yang beranggotakan orang seorang, yang dibentuk oleh sekurang-kurangnya 20 (duapuluh) orang.
Koperasi Sejahtera Bersama termasuk jenis koperasi simpan pinjam. Koperasi simpan pinjam (KSP) biasanya juga dikenal sebagai koperasi kredit. Seperti yang kita tahu, sesuai dengan namanya, koperasi ini menyediakan pinjaman uang. Tidak hanya itu, koperasi jenis ini juga menjadi tempat untuk menyimpan uang. Uang pinjaman diperoleh dari dana yang dikumpulkan secara bersama-sama oleh para anggotanya.
Apabila dilihat secara sekilas tampak bahwa cara kerja koperasi simpan pinjam sama seperti bank pada umumnya. Namun sebenarnya terdapat beberapa perbedaan antara KSP dengan bank konvensional.
Berikut beberapa poin yang membedakan koperasi simpan pinjam dengan bank:
1.                  Bunga pinjaman yang ditawarkan lebih ringan dibanding dengan bank.
2.                  Pembayaran pinjaman dapat dilakukan secara mengangsur.
3.                  Bunga yang didapatkan dari hasil pinjaman dinikmati secara bersama dengan cara bagi hasil.
Latar belakang
Undang-undang Dasar 1945 khususnya dalam pasal 33 ayat (1) menyatakan bahwa perekonomian Indonesia disusun sebagai usaha bersama berdasarkan atas asas kekeluargaan. Selanjutnya penjelasan pasal 33 antara lain menyatakan bahwa kemakmuran masyarakatlah yang diutamakan, bukan kemakmuran orang-seorang dan bentuk usaha yang sesuai dengan itu ialah Koperasi. Penjelasan pasal 33 menempatkan koperasi baik dalam kedudukan sebagai sokoguru perekonomian nasional maupun sebagai bagian integral tata perekonomian nasional. Tetapi dalam perkembangan perekonomian yang berjalan demikian cepat, pertumbuhan koperasi selama ini belum sepenuhnya menampakan wujud dan perannya sebagaimana dimaksud dalam Undang- Undang Dasar 1945 tersebut. Bumi Indonesia yang kaya dan subur tidak mendatangkan kemakmuran bagi masyarakat banyak. Masyarakat hanya dijadikan objek dalam dunia perekonomian dan sudah saatnya kita merebut dengan kekuatan kita sendiri melalui suatu wadah yaitu Koperasi Simpan Pinjam Sejahtera Bersama (KSP-SB). KSP-SB sebagai salah satu lembaga perantara k euangan sebagaimana tertuang di dalam peraturan pemerintah nomor 9 tahun 1995 tentang pelaksanaan kegiatan usaha simpan pinjam oleh koperasi bahwa Kegiatan Usaha Koperasi Simpan Pinjam adalah menghimpun simpanan koperasi berjangka dan tabungan koperasi dari anggota dan calon anggotanya, koperasi lain dan atau anggotanya serta emberikan pinjaman kepada anggota, calon anggotanya, koperasi lain dan atau anggotanya.
Dengan visi sebagai berikut Berperan aktif menciptakan masyarakat sejahtera Dan misi Membangun dan mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosialnya. Berperan secara aktif dalam upaya mempertinggi kualitas kehidupan manusia dan masyarakat. Memperkokoh perekonomian rakyat sebagai dasar kekuatan dan ketahanan perekonomian nasional dengan koperasi sebagai sokogurunya. Menjadi salah satu koperasi terbaik dan terbesar di Indonesia.
Langkah pertama adalah berhimpun melalui program simpanan/tabungan sebagai alatnya dan bilangan besar sebagai tujuannya. Dari sinilah timbul energi yang akan mampu memberdayakan masyarakat untuk mengelola bumi kita yang subur, sehingga dapat mengangkat ekonomi masyarakat menjadi lebih baik dan pada akhirnya tercipta kemakmuran dan kesejahteraan. Langkah kedua adalah berinvestasi. SB Simpan Pinjam akan mendorong usaha masyarakat kecil dan menengah dengan memberikan pinjaman dan bimbingan manajemen serta mengembangkan unit-unit usaha pada Koperasi SEJAHTERA BERSAMA sendiri. Bentuk-bentuk unit usaha yang akan dikembangkan adalah terutama disektor riil yang aman, halal, menguntungkan, membuka lapangan kerja, membentuk lahirnya masyarakat ekonomi baru dalam konteks dari masyarakat untuk masyarakat.
Aset yang dimiliki Koperasi Sejahtera Bersama pada tahun 2013 hanya sebesar 1.092.046 kemudian pada tahun 2018 meningkat menjadi sebanyak 2.568.683.
Anggota Koperasi Sejahtera Bersama saat ini terhitung pertahun 2018 sudah ada sebanyak 142.813 dari yang pda tahun 2013 hanya sebanyak 61.020. Saat ini Koperasi Sejahtera Bersama sudah memiliki 11.851 tenaga kerja.
Sedangkan kantor cabang Koperasi Sejahtera Bersama dari yang awalnya hanya memiliki 13 kantor cabang, kemudian pada tahun 2018 meningkat menjadi 97 kantor. Dengan 46 kantor cabang utama dan 51 kantor cabang pembantu.

Hierarki tanggung jawab dalam Koperasi Sejahtera Bersama
Pengawas


Ketua pengawas : Iwan Setiawan
Pengawas : Dasep Surahman, Ir.
Pengawas : Dang Zaeny Kurdinansyah

Pengurus
Direktur Utama : Vini Novianti, SS, SH
Direktur Simpanan : Drs. Setiabudi
Direktur Pinjaman : Nur Hidayah
Operasional Koperasi Sejahtera Bersama didukung oleh Sistem Informasi Berbasi Teknologi dan Komunikasi (ICT) setara perbankan yang dikembangkan oleh POLARIS sistem tersebut dikenal dengan Advanced Cooperative Online System/ARTOS (Saranan Transaksi Keuangan). Fitur ARTOS adalah sebagai berikut:
1. Standard Corebanking System
2. Operasional Sistem dilakukan Mandiri
3. Development and Integrasi dengan berbagai third-party dapat dilakukan dengan leluasa (Payment gateway, ATM)
Koperasi Sejahtera Bersama juga memiliki program untuk menjangkau anggota yang tersebar di Pulau Jawa agar dapat berpartisipasi dalam Rapat Anggota Tahunan tanpa datang langsung yaitu dengan Rapat Anggota Tahunan Elektronik. Caranya adalah dengan mengakses alamat situs E-RAT (http://erat.ksusb.co.id/) pada browser.











SUMBER

Comments

  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    ReplyDelete

Post a Comment