Skip to main content

Dasar Pemasaran

Dasar Pemasaran

Pemasaran adalah proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan, menawarkan, dan menukarkan produk yang bernilai bagi orang lain (Philip Kotler;2000)
Manajemen pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan pemberian harga, promosi dan distribusi.

Unsur-unsur pokok dalam pemasaran
  1. Pemasar
  2. Barang dan jasa
  3. Pasar
  4. Proses pertukaran

Konsep Inti Pasar
  1. Kebutuhan, keinginan dan permintaan
  2. Penawaran pasar
  3. Nilai dan kepuasan
  4. Pertukaran dan hubungan
  5. Pemasar dan pasar

Tujuan Manajemen Pemasaran
Adalah untuk mempenaruhi tingkat, serta komposisi permintaan sehingga akan membantu organisasi mencapai sasaran.

5 konsep dasar kegiatan perusahaan
  1. Konsep produksi yaitu produk tersedia dimana-mana dan murah
  2. Konsep produk yaitu yang menawarkan mutu, performasi, ciri terbaik
  3. Konsep penjualan yaitu melakukan penjualan dan promosi yang agresif
  4. Konsep pemasaran yaitu kebutuhan keinginan memberikan kepuasan secara efektif dan efisien
  5. Konsep pemasaran sosial yaitu menghasilkan kepuasan pelanggan untuk memenuhi tujuan organisasi.

Empat tiang utama konsep pemasaran 

  1. Fokus pasar
  2. Orientasi pada pelanggan
  3. Pemasaran yang terkoordinasi
  4. Kemampulabaan

Comments