Dasar Pemasaran
Pemasaran adalah proses sosial dan manajerial
dimana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan
menciptakan, menawarkan, dan menukarkan produk yang bernilai bagi orang lain
(Philip Kotler;2000)
Manajemen pemasaran adalah proses perencanaan dan
pelaksanaan pemberian harga, promosi dan distribusi.
Unsur-unsur pokok dalam pemasaran
- Pemasar
- Barang dan jasa
- Pasar
- Proses pertukaran
Konsep Inti Pasar
- Kebutuhan, keinginan dan permintaan
- Penawaran pasar
- Nilai dan kepuasan
- Pertukaran dan hubungan
- Pemasar dan pasar
Tujuan Manajemen Pemasaran
Adalah untuk mempenaruhi tingkat, serta komposisi
permintaan sehingga akan membantu organisasi mencapai sasaran.
5 konsep dasar kegiatan perusahaan
- Konsep produksi yaitu produk tersedia dimana-mana dan murah
- Konsep produk yaitu yang menawarkan mutu, performasi, ciri terbaik
- Konsep penjualan yaitu melakukan penjualan dan promosi yang agresif
- Konsep pemasaran yaitu kebutuhan keinginan memberikan kepuasan secara efektif dan efisien
- Konsep pemasaran sosial yaitu menghasilkan kepuasan pelanggan untuk memenuhi tujuan organisasi.
Empat tiang utama konsep
pemasaran
- Fokus pasar
- Orientasi pada pelanggan
- Pemasaran yang terkoordinasi
- Kemampulabaan
Comments
Post a Comment