Skip to main content

Harga Pokok Pesanan

Harga Pokok Pesanan (Job Order Costing)
A. Definisi Harga Pokok Pesanan
Harga pokok pesanan (job order costing) adalah cara perhitungan harga pokok produksi untuk produk yang dibuat berdasarkan pesanan. Tujuan dari metode harga pokok pesanan adalah untuk menentukan harga pokok produk masing- masing pesanan, baik secara keseluruhan dari setiap pesanan atau persatuan.
B.Karekteristik Usaha Perusahaan yang produksinya Berdasarkan Pesanan
  1. Proses pengolahan produk terjadi secara terputus – putus. Artinya jika pesanan yang satu selesai dikerjakan, maka proses produksi mulai dihentikan dan akan mulai kembali dengan pesananberikutnya.
  2. Produk dihasilkan sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan oleh pesanan, dimana Pesanan satu dapat berbeda dengan pesanan yanglain.
  3. Produksi ditujukan untuk memenuhi pesanan, bukan untuk memenuhi persediaan digudang.
C. Karakteristik Metode Harga Pokok Pesanan
1) Tujuan produksi perusahaan adalah untuk melayani pesanan pembeli yang sesuai dengan spesifikasi pesanan, sehingga sifat produksinya terputus-putus dan setiap pesanan dapat dipisahkan identitasnya secara jelas.
2) Biaya produksi dikumpulkan untuk setiap pesanan dengan tujuan dapat dihitung harga pokok pesanan dengan relative teliti dan adil.
3) Biaya produksi dibagi menjadi dua jenisyaitu:
·         Biaya langsung (direct cost) meliputi biaya bahan baku (raw material) dan biaya tenaga kerja langsung (direct labor cost) yang dihitung berdasarkan biaya sebenarnya.
·         Biaya tidak langsung (indirect cost) meliputi biaya produksi diluar biaya bahan baku disebut dengan  istilah biaya overhead  pabrik yang dibebankan berdasarkan tarif dimuka.
4) Harga Pokok pesanan untuk setiap pesanan dihitung pada waktu pesanan selesai diproduksi.
5) Harga pokok satuan ditetapkan dengan cara membagi total biaya suatu pesanan yang bersangkutan dengan jumlah satuan produk pesanan yang bersangkutan. Untuk mengumpulkan biaya produksi masing-masing pesanan, dipakai kartu harga pokok pesanan (job order costmethod).




Comments