Skip to main content

Tugas 4 Ekonomi Koperasi

Peran koperasi dalam era global

Globalisasi berasal dari kata Globalization. Global artinya dunia sedangkan lization artinya adalah proses. Secara bahasa arti Globalisasi adalah Suatu proses yang mendunia, suatu proses yang membuat manusia saling terbuka dan bergantung satu sama lainnya tanpa batas waktu dan jarak.
Ciri-ciri globalisasi ditandai dengan adanya pergerakan barang, modal dan uang dengan bebas dan perlakuan terhadap pelaku ekonomi sendiri dan asing (luar negeri) sama. Sehingga era globalisasi sering menjadi dilema bagi masyarakat, pemerintah dan dunia usaha. Kita tidak bisa membendung dan menahan bergulirnya globalisasi di tengah-tengah masyarakat, yang bisa kita lakukan adalah mengantisipasi dan mempersiapkan diri terhadap tantangan globalisasi.

Koperasi bisa diartikan sebagai badan usaha yang mempunyai anggota, dimana setiap anggota memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing. Setiap anggota mempunyai hak suara yang sama dalam setiap keputusan yang akan diambil, karena berdasarkan pada musyawarah dan mufakat.
Berdasarkan UU No 25 Tahun 1992 Pasal 3, koperasi memiliki tujuan untuk menyejahterakan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya, serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil, dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Berikut beberapa peran koperasi dalam era global ini
1. Mengembangkan Kegiatan Usaha Masyarakat
Contohnya, koperasi yang bergerak dalam bidang usaha pengadaan alat-alat pertanian yang dibutuhkan oleh petani. Dengan adanya koperasi tersebut, maka petani bisa  membeli kebutuhan alat-alat pertanian di koperasi dengan harga yang lebih murah. Karena itu, kegiatan usaha pertanian tersebut bisa menjadi lebih baik dan meningkat.
2. Meningkatkan Pendapatan Anggota
Setiap anggota koperasi pasti mendapatkan Sisa Hasil Usaha (SHU), sehingga para anggota koperasi mendapatkan keuntungan. Hal ini karena semakin besar jasa seorang anggota terhadap koperasi, maka semakin besar pula penghasilan yang diperoleh anggota itu.
3. Mengurangi Tingkat Pengangguran
Dengan adanya koperasi akan dibutuhkan banyak pekerja untuk mengelola usahanya. Setiap orang juga bisa belajar mengelola keuangan dan mendapatkan penghasilan setiap bulan dari pengelolaan koperasi ini. Pada dasarnya, koperasi bisa memberi kesempatan kepada tenaga kerja dan menyerap sumber daya manusia.
4. Meningkatkan Taraf Hidup Masyarakat
Dengan memperoleh penghasilan yang tinggi, kemungkinan akan lebih mudah memenuhi kebutuhan hidup yang beraneka ragam, dan sebagai alat perjuangan ekonomi untuk bisa bersaing dengan badan usaha lainnya.
5. Membangun Tatanan Perekonomian Nasional
Dengan memberdayakan koperasi, berarti juga bisa memberdayakan masyarakat, yang pada akhirnya akan mampu memberdayakan perekonomian nasional.

Manajemen strategi koperasi
Koperasi sebagai bagian sistem perekonomian di Indonesia yang sejak lama menjadi wadah untuk mengembangkan demokrasi ekonomi dalam kenyataannya mengalami tantangan yang luar biasa di masa kini ketika tidak ada kreativitas yang dikembangkan dan diinovasikan. 
kelambanan koperasi untuk merger menjadi masalah yang membuat fungsi dan jenis koperasi yang tidak efisien. Diperlukan kreativitas untuk memanfaatkan kaidah kaidah koperasi untuk meraih keunggulan kompetitif dalam perkoperasian.
Koperasi harus bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi digital dalam mengembangkan bisnisnya. Skala usahanya pun harus bisa mengalami lompatan kemajuan dengan bantuan teknologi mutakhir. Koperasi Indonesia bisa belajar dari koperasi-koperasi mancanegara yang kini menjadi pemain besar di level global. Guna meningkatkan peran koperasi dalam pertumbuhan ekonomi, Kementerian Koperasi dan UKM menjalankan Reformasi Total  Koperasi melalui tiga langkah strategis. Yakni Reorientasi, Rehabilitasi dan Pengembangan. 
Tujuannya adalah mengembangkan koperasi secara berkualitas sebagai organisasi yang memberikan kesejahteraan kepada anggotanya dan kemanfaatan kepada masyarakat.

Peluang yang bisa dimanfaatkan koperasi
Dengan prinsip dasar koperasi yakni gotong royong dan kebersamaan, merupakan senjata kuat menghadapi persaingan di era global.
Dengan meneguhkan koperasi sebagai soko guru perekonomian nasional terus diupayakan. Tumbuhnya koperasi yang kuat akan berimbas positif pada prosentase kenaikan taraf ekonomi. Koperasi juga bisa menjadi tempat belajar para anggotanya mengenai marketing dan variasi produk. 


Sumber
https://malangvoice.com/peran-koperasi-dan-usaha-mikro-dibutuhkan-arungi-era-globalisasi/
https://www.google.co.id/amp/s/jojonomic.com/blog/peran-koperasi/
https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-01299208/era-digital-koperasi-harus-alami-lompatan-kemajuan-427281?page=2

Comments